Friday, June 17, 2011

Seluang Gunting atau Rasbora Trilineata

Rasbora Trilineata

Keluarga  Cyprinidae


DistribusiAsli Chao Phraya dan bawah lembah sungai Mekong di Laos, Thailand dan Kamboja dan tersebar luas di Semenanjung Malaysia dengan distribusi juga memperluas ke Greater Sunda Islands Sumatra dan Kalimantan. Ini mungkin dibatasi ke bagian timur Sumatera dan selatan dan bagian barat Kalimantan termasuk negara bagian Sarawak, Malaysia dan Indonesia Provinsi Kalimantan Barat (Kalimantan Barat). Pada tingkat setiap kejadian yang spesifik terlalu banyak untuk daftar di sini. Ikan yang ditangkap liar semakin sulit didapat dalam hobi seperti yang sedang diproduksi secara komersial di beberapa negara.

HabitatJelas ikan beradaptasi seperti yang telah dikumpulkan berbagai jenis habitat termasuk cepat mengalir sungai hutan bukit dengan substrat batu-batu besar, batu kecil, pasir atau kerikil dan lamban blackwaters lebih terkait dengan wilayah hutan rawa gambut kuno yang biasanya penuh dengan daun jatuh , ranting dan cabang. Di bekas air cenderung jelas dengan pH antara 6,5 ​​dan 7,5 sedangkan di yang kedua adalah bersifat cokelat bernoda karena pelepasan tanin dan bahan kimia lain yang dirilis dengan menguraikan bahan organik, sangat lunak (kekerasan diabaikan) dan asam (pH 4,0-6,0). Lingkungan hutan tersebut sering remang-remang karena tajuk pohon di atas. Hal ini juga mendiami badan permanen air termasuk banyak waduk dan danau dan dikenal untuk pindah ke daerah banjir selama musim hujan di beberapa jangkauan.

Standar Panjang MaksimumSepenuhnya tumbuh sekitar 6 "/ 15cm yang penting karena biasanya dijual dengan ukuran yang lebih kecil.

Tank Ukuran minimumSpesies aktif dan kelompok akan membutuhkan tangki berukuran setidaknya 48 "x 18" x 18 "/ 120cm x 45cm x 45cm/255 liter.

Tank SetupPilihan dekorasi tidak sama pentingnya dengan kualitas air dan jumlah berenang-ruang terbuka yang disediakan. Kami sarankan tetap di akuarium besar, baik ditanam atau alternatif akan terlihat luar biasa dalam set-up yang dirancang untuk menyerupai sungai yang mengalir dengan substrat bervariasi berukuran batu dan kerikil dan beberapa air besar batu-batu besar yang dikenakan.Sebuah manifold rivertank juga bisa dibangun untuk menyediakan aliran searah naturalistik. Tangki dapat lebih dilengkapi dengan cabang kayu apung dan tanaman air untuk nilai estetika.Sementara sebagian besar spesies tanaman akan gagal untuk berkembang dalam kondisi seperti itu kemungkinan termasuk spesies hardy seperti Bolbitis Jawa pakis, atau spesies Anubias yang dapat tumbuh menempel pada dekorasi.

Ini juga akan melakukannya dengan baik dalam tangki dibentuk untuk menciptakan sebuah rawa gambut-jenis lingkungan dengan pencahayaan redup, akar dan cabang, serasah daun dan real serat gambut ditambahkan ke filter atau dicampur ke dalam substrat. Anda juga bisa menambahkan jenis tumbuhan air yang dapat bertahan dalam kondisi seperti seperti Microsorum pteropus (Jawa pakis), Vesicularia dubyana (Jawa lumut) dan Cryptocorynes. Dalam situasi baik tangki harus memiliki penutup yang sangat erat-pas sebagai spesies ini adalah permukaan-penghuni, sebuah jumper dicapai dan dapat melarikan diri melalui celah terkecil. Seperti spesies lainnya yang berasal dari lingkungan alam yang masih asli seperti itu adalah toleran terhadap akumulasi limbah organik dan membutuhkan air bersih setiap saat untuk tumbuh subur.

Ini mungkin bijaksana untuk bertanya tentan
g asal-usul ikan Anda sebelum membeli sebagai populasi dari perairan yang mengalir mungkin memerlukan aklimatisasi lebih asam, kurang oksigen kondisi dan sebaliknya. Secara luas-yang tersedia penangkaran ikan kemungkinan akan beradaptasi untuk kedua set kondisi, tapi ikan liar mungkin lebih halus. Spesies ini juga tampaknya bereaksi buruk jika diperkenalkan ke akuarium terlalu cepat sehingga mencoba untuk menyesuaikan diri itu selama beberapa jam jika memungkinkan.

Suhu73-77 ° f/22 - 25 ° C

pH Range5,0-8,0 tergantung pada asal-usul ikan tetapi di suatu tempat antara 6,5-7,5 biasanya membuktikan ideal di akuarium.

Kekerasan2 - 12 ° H

DietMenurut analisis perut spesimen liar spesies ini terutama pada invertebrata feed baik air dan darat, khususnya serangga. Di akuarium itu akan menerima makanan kering dari ukuran yang sesuai tetapi tidak harus diberi makan ini secara eksklusif. Makan sehari-hari dari ongkos hidup dan beku kecil seperti Daphnia, Artemia dan sejenisnya akan menghasilkan pewarnaan yang terbaik dan mendorong ikan untuk datang ke kondisi peternakan.

KecocokanSpesies ini sangat damai memang menjadikannya sebagai penduduk yang ideal dari tangki, lebih besar baik-dilengkapi masyarakat. Seperti tempat-tempat tidak ada tuntutan khusus dalam hal kimia air dapat dikombinasikan dengan banyak ikan yang paling populer di hobi termasuk cyprinids lainnya serta tetras, livebearers, rainbowfish, anabantoids, lele dan loaches. Seperti biasa ketika memilih sebuah komunitas yang kompatibel penelitian ikan yang tepat adalah penting dan ukuran dewasa harus menjadi pertimbangan. Sebuah komunitas berbasis di sekitar salah satu negara asal atau daerah aliran sungai juga akan membuat sebuah proyek yang bermanfaat dengan beberapa alternatif yang menarik. Misalnya di drainase sungai Endau, Semenanjung Malaysia spesies sympatric termasuk Barbonymus schwanenfeldii, Crossocheilus oblongus, C. langei, Mystacoleucus marginatus, Puntius lateristriga, P. banksi, P. johorensis ditambah berbagai anggota Rasbora, Cyclocheilichthys, Pangio, Homaloptera dan Nemachelius.
Ini adalah spesies suka berteman dengan alam dan benar-benar harus disimpan dalam kelompok setidaknya enam untuk mendapatkan yang terbaik dari dalam akuarium. Ikan menunjukkan warna yang lebih baik di hadapan conspecifics, kurang gugup dan tampilan secara keseluruhan jauh lebih terlihat alami.

Dimorfisme seksualBetina dewasa terasa bulat berperut dan sering sedikit lebih besar dari laki-laki.

PembiakanIni adalah salah satu anggota dari genus yang lebih mudah untuk berkembang biak dan seperti kebanyakan cyprinids adalah telur-hamburan, spawner terus menerus yang menunjukkan tidak peduli orang tua. Artinya saat ikan dalam kondisi baik, mereka akan menelurkan sering dan dalam akuarium, padat ditanam matang adalah mungkin bahwa jumlah kecil goreng mungkin mulai muncul tanpa campur tangan manusia.


Namun jika Anda ingin meningkatkan hasil goreng pendekatan yang sedikit lebih terkontrol diperlukan. Kelompok dewasa masih dapat dikondisikan bersama-sama tetapi satu atau lebih panjang, dangkal, mengatakan 48 "x 12" x 12 "/ 120cm x 30cm x 30cm/113 kontainer liter juga harus mendirikan dan setengah penuh dengan air. Ini harus sangat remang-remang dan dasar ditutupi dengan semacam mesh kelas yang cukup besar sehingga telur bisa jatuh tapi cukup kecil sehingga orang dewasa tidak dapat mencapai mereka. grass'-jenis anyaman Plastik tersedia secara luas juga dapat digunakan dan bekerja sangat baik untuk spesies lain air itu sendiri harus menjadi sedikit asam sampai pH netral dengan suhu menjelang akhir atas kisaran yang disarankan di atas.. Filter daya internal dapat ditambahkan pada awalnya dan ini harus diposisikan sehingga aliran ini diarahkan ke bawah panjang penuh tangki.


Ketika ikan dewasa baik-AC dan betina muncul penuh telur satu atau dua pasang kemudian harus diperkenalkan kepada setiap kontainer. Pemijahan dapat dimulai dengan menambahkan sejumlah kecil air dingin setiap beberapa jam sedemikian rupa sehingga tangki secara bertahap atasnya dan makan sejumlah kecil makanan hidup dan beku. Beberapa peristiwa pemijahan mungkin akan terjadi sebelum seorang perempuan dihabiskan telur.


Orang dewasa cenderung akan makan telur mereka menemukan dan terbaik dihapus setelah beberapa hari di mana titik filter daya harus diaktifkan untuk unit spons jenis matang untuk menghindari goreng yang tersedot ke dalam mekanisme. Inkubasi dalam Rasbora telur suhu tergantung ke mana tetapi biasanya membutuhkan waktu antara 18 dan 48 jam dengan berenang bebas muda 24 sampai 48 jam kemudian. Makanan awal harus Artemia nauplii dan / atau microworm.

No comments:

Post a Comment